No image available for this title

Tesis

Efektifitas whistleblowing system internal dalam pencegahan dan pendeteksian (studi empiris pada PT Asuransi Jiwasraya (persero)



Pembimbing : Adji Suratman & Hamilah

Abstrak :

Whistleblowing System merupakan instrumen pencegahan dan deteksi dini korupsi. Whistleblowing System merupakan aktifitas pencegahan yang efektif dalam menangani kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa Efektifitas Whistleblowing System Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud). Penelitian ini menggunakan dat primer kepada seluruh karyawan yang bekerja di divisi Finance & Accounting, Audit Internal PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

Penelitian ini menggunakan metode sampling purposive yang berjumlah 50 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan yang bekerja di divisi Finance & Accounting, Audit Internal PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software smartPLS 3.2.7.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh dan signifikan system pengendalian internal, auditor internal, komite audit, komisaris independent, perlindungan pelapor, dan whistleblowing system terhadap pencegahan kecurangan, terdapat pengaruh dan signifikan system pengendalian internal, auditor internal, komite audit, komisaris independent melalui perlindungan pelapor terhadap pencegahan kecurangan, dan terdapat pengaruh dan signifikan pengendalian internal, auditor internal, komite audit, komisaris independent melalui whistleblowing system dan perlindungan pelapor terhadap pencegahan kecurangan di PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal, Auditor Internal, Komite Audit, Komisaris Independen, Whistleblowing System, Perlindungan Pelapor, Pencegahan Kecurangan (Fraud)


Ketersediaan

1860030009TES 305 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 305 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
136 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1860030009
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya