No image available for this title

Tesis

Fungsi pengawasan Badan Permusyawaratan desa, pemanfaatan teknologi informasi , kompetensi aparat pemerintah desa, terhadap pengolaan aset dan alokasi dana desa dengan sistem pengendalian internal (studi empiris pada kecamatan ulu barumun kabupaten padang lawas Provinsi Sumatera Utara)



Pembimbing : Adji Suratman

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi secara empiris pengaruh Pengolaan Aset dan Alokasi Dana Desa melalui Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Kompetensi Aparat Pemerintah Desa yang dilakukan dengan menggunakan Sistem Pengendalian Internal di Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif evaluasi model CIPP, (Contesxt, Input, Process, Product) yang mengacu pada studi kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui 1) Wawancara, 2) Observasi dan; 3) Studi Dokumentasi. Analisa data menggunakan Model Alir dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Data dalam penelitian ini berasal dari 15 aparat pemerintah desa yang terdiri dari Kepala Desa Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan metode simpel random sampling pada 5 desa di Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara terkait dengan Pengolaan Aset dan Alokasi Dana Desa tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi komponen Konteks telah berjalan dengan baik/mendapat nilai baik (2) Evaluasi komponen Input pada penelitian ini masih belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan mendapat/nilai kurang baik (3) Evaluasi komponen Proses telah berjalan dengan baik/mendapat nilai baik (4) Evaluasi komponen Produk telah berjalan dengan baik/mendapat nilai baik.

Keseluruhan evaluasi Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kompetensi Aparat Pemerintahan Desa, terhadap Pengolaan Aset dan Alokasi Dana Desa dengan Sistem Pengendalian Internal di Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara nilainya baik. Walaupun hasil dari evaluasi keseluruhan nilainya baik, Pengolaan Aset dan Alokasi Dana Desa ini disarankan tetap dilaksanakan tetapi dengan melakukan desain ulang programnya dan peningkatan pemanfaatan teknologi pelaksananya. Penggunaan model evaluasi CIPP dalam penelitian ini merupakan state of the craft dan kebaruan dalam mengukur evektivitas program Pengolaan Aset dan Alokasi Dana Desa di Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara.

Kata kunci: Fungsi Pengawasan Badan Bermusyawaratan Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kompetensi Aparat Pemerintahan Desa, Pengolaan Aset, Alokasi Dana Desa, Sistem Pengendalian Internal.


Ketersediaan

1760030012TES 309 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 309 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
118 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1760030012
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya