No image available for this title

Tesis

Etika auditor dalam mediasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit



Pembimbing : Reschiwati & Amrizal

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kompetensi, independensi dan due professional care yang mempengaruhi kualitas audit yang dimediasi oleh etika auditor. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada auditor yang berada di Kantor Akuntan Publik di Tangerang, dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data di analisis dengan menggunakan perangkat lunak smartPLS versi 3.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika auditor terbukti mampu memediasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit. Keterbaruan penelitian ini yakni menggunakan variabel due professional care dalam mempengaruhi kualitas audit yang dimediasi oleh etika auditor. Terbukti bahwa etika auditor mampu memediasi pengaruh due professional care terhadap kualitas audit. Semakin tinggi kehati-hatian dan etika profesi auditor, maka semakin tinggi pula kualitas audit yang dihasilkan. Selain itu, keterbaruan dalam penelitian ini yaitu meneliti KAP berskala kecil (Third Tier) di daerah Tangerang, sedangkan selama ini peneliti lain meneliti KAP berskala besar dan di wilayah provinsi.

Implikasi manajerial untuk instansi terkait yaitu diharapkan mempertahankan dan meningkatkan kompetensi, independensi dan due professional care untuk menghindari kemungkinan kecurangan, kesalahan atau kelalaian yang disengaja atau tidak disengaja dan kondisi yang dihasilkan dari pelaporan keuangan klien, serta diharapkan untuk terus meningkatkan etika audit dengan tetap menjaga standar etika profesi yang berlaku dan bebas benturan kepentingan dalam pemenuhan kewajiban profesionalnya.

Kata Kunci : Kompetensi, Independensi, Due Professional Care, Kualitas Audit, Etika Auditor


Ketersediaan

2060030012TES 306 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 306 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
113 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2060030012
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya