No image available for this title

Skripsi

Pengaruh likuiditas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022



Pembimbing : Zainal Arifin

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah likuiditas, struktur modal, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini ialah perusahaan perbankan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 20 perusahaan memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian.

Penelitain ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel dependennya ialah profitabilitas. Sedangkan variabel independen yang digunakan ialah likuiditas, struktur modal, dan ukuran perusahaan. Uji yang digunakan adalah regresi data panel dengan aplikasi program Eviews 12. Adapun uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji analisis linear berganda. Pengujian hipotesis meliputi Uji-t (parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi (Adjusted).

Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa likuiditas dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan ukuran perusaaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa likuiditas, struktur modal, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Dengan variabel yang paling dominan dalam penelitian ini ialah ukuran perusahaan.

Kata Kunci: Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan


Ketersediaan

2019021035SKR-MNJ 10 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-MNJ 10 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
153 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019021035
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya