No image available for this title

Skripsi

Pengaruh rotasi audit, reputasi audit dan spesialisasi audit terhadap kualitas audit pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022 (Subsektor Tekstil dan Garmen)



Pembimbing : Reschiwati

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rotasi audit, reputasi audit dan spesialisasi audit secara parsial dan simultan terhadap kualitas audit pada perusahaan manufaktur subsektor teksil dan garmen. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur subsektor tekstil dan garmen yang terdaftar di BEI periode 2017-2022. Terdapat sebanyak 23 perusaahaan sebagai populasi penelitian, telah diperoleh 17 perusahaan sebagai sampel dengan periode penelitian selama 5 tahun.

Pada penelitian ini, data termasuk dalam data sekunder dan menggunakan metode kuantitatif serta dianilisis menggunakan analisis regresi logistik. Data pada penelitian ini diolah menggunakan perangkat lunak program excel dan eviews 12. Novelty pada penelitian ini adalah pembaharuan pada periode penelitian menjadi 2017-2022, selanjutnya perbedaan penelitian ini terletak pada analisis yang menggunakan regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis secara parsial, disimpulkan bahwa rotasi audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan reputasi audit dan spesialisasi audit berpengaruh terhadap kualitas audit.

Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa rotasi audit, reputasi audit dan spesialisasi audit terhadap kualitas audit berpengaruh secara bersamasama terhadap kualitas audit. implikasi penelitian ini adalah kedepannya perusahaan menggunakan kantor akuntan publik yang sudah berafiliasi dengan big four dan auditor yang sudah terspesialis. Karena auditor akan lebih gampang untuk mendeteksi kekeliruan dan penyimpangan yang terjadi pada pelaporan keuangan klien karena memiliki pemahaman dan kemampuan dalam bidang yang diaudit selain itu penggunaan kap big four juga dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi.

Kata Kunci: Kualitas Audit, Rotasi Audit, Reputasi Audit, Spesialisasi Audit.


Ketersediaan

2019031067SKR-AKT 91 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 91 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
90 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031067
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya