No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kebijakan dividen, profitabilitas dan invesment opportunity set terhadap nilai perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022



Pembimbing : Pandu Haryanto

ABSTRAK :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kebijakan Dividen (Dividend Payout Ratio), Profitabilitas (Return On Asset) dan Invesment Opportunity Set (Market To Book Value Of Equity) terhadap Nilai Perusahaan (Price To Book Value). penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan pada Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id).

Sampel penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018 – 2022. Terdapat 30 perusahaan yang menjadi populasi, dan hanya 12 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk menjadi sampel penelitian. Data diolah menggunakan aplikasi program eviews 12.0. Diuji serta dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-statistik, uji F statistik, serta uji koefisien determinasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Invesment Opportunity Set tidak berpengaruh. Tetapi secara simultan, variabel Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Invesment Opportunity Set berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Novelty pada penelitian ini adalah pembaharuan pada periode 2018-2022, selanjutnya perbedaan lainnya menggunakan program eviews 12 dan perbedaan di populasi dan sampel.

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa Invesment Opportunity Set berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Temuan ini memberikan pengaruh secara praktik dan dapat meningkatkan laba perusahaan setiap periode. Perusahaan yang dinilai bagus dalam profitnya akan meningkatkan minat investor atau stakeholder untuk berinvestasi.

Kata Kunci : Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Invesment Opportunity Set


Ketersediaan

2019031048SKR-AKT 90 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 90 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
90 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031048
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya