No image available for this title

Skripsi

Pengaruh penerapan E-Filing, tingkat pemahaman dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan pelaporan pajak penghasilan pasal 25/29 Orang Pribadi di KPP Grogol Petamburan, Jakarta Barat



Pembimbing :Hamilah

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah penerapan e-filing, tingkat pemahaman, kesadaran wajib pajak, berpengaruh terhadap kepatuhan pelaporan pajak penghasilan pasal 25/29 orang pribadi di KPP Grogol Petamburan Jakarta Barat. Dalam penelitian ini digunakan data premier.

Populasi penelitian ini adalah Wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Grogol Petamburan Jakarta Barat tahun 2022. Pada KPP Grogol Petamburan Jakarta Barat mencatat bahwa wajib pajak orang pribadi tahun 2022 sebanyak 63.337, Metode pemilihan sampel ini menggunakan rumus Solvin yang mana hasil perhitungannya sebesar 99,8 dan jika
dibulatkan menjadi 100. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa peneliti harus menyebarkan 100 kuesioner kepada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Grogol Petamburan Jakarta Barat. Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS 4 Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistic.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Penerapan E-filing, Tingkat Pemahaman, dan Kesadaran Wajib Pajak
berpengaruh terhadap Kepatuhan Pelaporan pajak penghasilan, sesuai penelitian terdahulu Dewi & Merkusiwati (2018), Pradnyana & Prena (2020),Kusuma & Wulandari (2021). Implikasi penelitian ini adalah menanamkan rasa kesadaran dan kepatuha Wajib Pajak atas kewajibannya membayar pajak. Novelty dalam penelitian ini adalah pembaharuan periode Wajib Pajak Orang pribadi di wilayah tersebut pada tahun 2022 dan pengolahan data penelitian ini menggungakan PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.


Kata Kunci : E-filing, Kesadaran, Kepatuhan Pelaporan Pajak, Tingkat Pemahaman


Ketersediaan

2019031072SKR-AKT 88 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 88 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
103 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031072
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya