No image available for this title

Skripsi

Pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi : studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2017-2022



Pembimbing : Reschiwati

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris pengaruh likuiditas,leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai pemoderasi, studi pada perusahaan manufaktur periode 2017-2022. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 perusahaan, pemilihan sampel ini ditentukan dengan menggunakan purposive
sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 17 perusahaan dengan jumlah observasi 120.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa data sekunder menggunakan analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dengan uji f dan uji t, uji koefisien determinasi, serta uji interaksi/moderating dengan menggunakan software Eviews 13. Novelty penelitian terdapat pada penggunaan variable pemoderasi.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Likuiditas dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Secara simultan likuiditas, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada uji moderating, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

Implikasi teoritis penelitian ini menunjukan bahwa leverage berpengaruh terhadap nilai keuangan yang dapat meningkatkan kepercayaan investor, likuiditas dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dimana hal ini juga dapat membuat nilai perusahaan menjadi rendah dimata investor. Dan Likuiditas, leverage, dan profitabilitas secara Bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Implikasi praktis, memberi petunjuk pada perusahaan factor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan nilai perusahaan yang diwakili oleh variable independent yang digunakan dalam penelitian ini, para investor dapat mempertimbangkan keputusan investasinya, memberikan informasi tambahan dan sebagai refrensi yang dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Kata Kunci : Likuiditas, Leverage, Moderasi, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.


Ketersediaan

2019031027SKR-AKT 86 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 86 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
113 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031027
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya