No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, solvabilitas dan ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022



Pembimbing : Tikkos Sitanggang


ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah ada pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018-2022. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini, data kuantitatif dengan sumber dari data sekunder.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan, pengumpulan data ada 62 perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2022. Terdapat 8 perusahaan, yang memiliki data dan memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Random Effect Model (REM). Penelitian ini menggunakan Eviews12. Novelty pada penelitian ini adalah pembaharuan pada periode 2016-2020.

Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap audit delay. Sedangkan solvabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap audit delay. Secara simultan profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan tidak berkontribusi secara signifikan. Karena ada 2 variabel independen yang tidak signifikan terhadap variabel independen. Dari nilai Adjusted R-square sebesar 0.037557. Variabel independen menjelaskan 3,75% variabel dependnya, sisanya 97,25% dipengaruhi divariabel lain di luar penelitian. Implikasi dari penelitian ini secara teoritis perlu diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih, secara praktis bagi pihak investor dan perushaan menjadi bahan yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan dan bisa menambah wawasan mengenai auditing.

Kata Kunci: Audit Delay, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan.


Ketersediaan

2019031090SKR-AKT 76 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 76 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
121 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031090
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya