No image available for this title

Skripsi

Pengaruh cash holding, profitabilitas dan financial leverage terhadap perataan laba (studi empiris pada perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021)



Pembimbing : Henni Handari

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Cash Holding, Profitabilitas, dan Financial Leverage berpengaruh terhadap perataan laba (Studi empiris pada perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021). Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan jasa (sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 11 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel independen penelitian yang digunakan adalah Cash Holding, Profitabilitas, Financial Leverage, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah perataan laba. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan data time series dan cross section dan menggunakan software Eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel cash holding berpengaruh negatif terhadap perataan laba, variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap perataan laba, dan variabel financial leverage mempunyai
pengaruh terhadap perataan laba. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel cash holding, profitabilitas, financial leverage berpengaruh terhadap perataan laba.

Penelitian ini terdapat novelty pada variabel penelitian, tahun penelitian, sektor yang diteliti, penggunaan uji data. Dari hasil penelitian ini memberikan implikasi secara teoritis bahwa Financial Leverage berpengaruh terhadap perataan laba. Penelitian ini bisa memberikan implikasi secara praktis bagi perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi untuk dapat mengelola financial leverage secara benar agar tidak melakukan perataan laba yang
dapat menyebabkan kerugian pada perusahaannya sendiri karena sulit untuk mendapatkan investor dalam menjalankan perusahaannya.

Kata Kunci : Cash Holding, Financial Leverage, Perataan laba, dan Profitabilitas


Ketersediaan

2019031018SKR-AKT 70 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 70 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
92 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031018
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya