No image available for this title

Tesis

Pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional komite audit dan komisaris independen terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibilty (CSR) Disclosure sebaghai variabel intervening (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor baranga konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)periode tahun 2016-2020)



Pembimbing : Nuzulu H & Gusmiarni

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisa dan menemukan hal baru tentang pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional, komite audit dan komisaris independen. Penelitian ini menggunakan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan profitabilitas, kepemilikan institusional, komite audit dan komisaris independen sebagai variabel independen, serta corporate social responsibility (csr) disclosure sebagai variabel intervening.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan data panel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, selama periode 2016 – 2020 diperoleh 15 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dari 15 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel dengan total periode lima tahun maka diperoleh jumlah data sebanyak 75. Dengan menggunakan bantuan program Eviews 10.0, teknik analisis data dimulai dari uji statistik deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik, setelah itu analisis regresi logistik, selanjutnya analisis regresi linear berganda data panel dan yang terakhir analisis variabel intervening.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan kepemilikan institusional secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap corporate social responsibility (csr) disclosure, sedangkan komite audit dan komisaris independen secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap corporate social responsibility (csr) disclosure. Profitabilitas, secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional, komite audit dan corporate social responsibility (csr) disclosure secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan komisaris independen secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, kepemilikan institusional, dan komisaris independen secara tidak langsung melalui corporate social responsibility (csr) disclosure memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan komie audit secara tidak langsung melalui corporate social responsibility (csr) disclosure memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, kepemilikan institusional, komite audit, komisaris independen dan corporate social responsibility (csr) disclosure dapat menjelaskan nilai perusahaan sebesar 94,3% dan sisanya sebesar 6,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Komisaris Independen


Ketersediaan

1860030006TES 303 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 303 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
158 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1860030006
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya