Detail Cantuman
Advanced Search
Skripsi
Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi tehadap kepuasan pelanggan foto copy Barok Jakarta
Pembimbing : Alex Zami
ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di fotocopy Barok Jakarta. Penelitian ini didasarkan pada teori yang mendukung konsep kualitas pelayanan, harga, lokasi, dan kepuasan pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survei dengan metode kuesioner kepada pelanggan Fotocopy Barok di Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, dengan jumlah responden sebanyak 124 orang dari total populasi 180 pelanggan yang dilayani selama seminggu terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS 4.1. Novelty dalam penelitian ini terletak pada penggunaan SEM dan aplikasi SmartPLS 4.1, sementara penelitian sebelumnya menggunakan SPSS dan belum ada penelitian yang mengkaji objek dan subjek yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan lokasi tidak merpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Fotocopy Barok. Secara simultan, ketiga variabel ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kepuasan pelanggan sebesar 71,4%. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa meskipun kualitas pelayanan yang diberikan oleh Fotocopy Barok perlu ditingkatkan, faktor harga yang sesuai dengan manfaat yang diterima pelanggan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Sementara itu, meskipun lokasi memiliki aksesibilitas yang baik, faktor ini tidak menjadi pertimbangan utama bagi pelanggan dalam menentukan tingkat kepuasan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan lebih mengutamakan nilai yang mereka terima dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan dan mengindikasikan perlunya peningkatan fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang memadai.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan.
Ketersediaan
2021021036 | SKR-MNJ 10 2025 | Perpustakaan STIE Y.A.I | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SKR-MNJ 10 2025
|
Penerbit | STIE Y.A.I : Jakarta., 2025 |
Deskripsi Fisik |
104 hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2021021036
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain