Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
Pengaruh Green Manufacturing, Green Advertising dan Greenwashing terhadap Keberlanjutan Perusahaan Sektor Barang Konsumen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019 - 2023
Pembimbing :Wiwik Pratiwi
ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh Green Manufacturing yang diukur menggunakan variabel dummy, Green Advertising yang diukur dengan rasio margin laba bersih, Greenwashing yang diukur dengan peringkat PROPER terhadap Keberlanjutan Perusahaan diukur dengan menyebarkan Sustainability Report yang diukur dengan standar GRI (Global Reporting Initiative).
Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder, Populasi dalam penelitian terdapat 125 perusahaan merupakan perusahaan manufaktur dan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling terdapat 50 sampel data perusahaan yang memenuhi kriteria sampel yang diperoleh dengan menggunakan kriteria tertentu perusahaan peserta PROPER yang terdaftar di BEI periode tahun 2019-2023. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel, dengan menggunakan alat ukur Eviews 13.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Green Manufacturing dan Greenwashing berpengaruh positif terhadap Keberlanjutan Perusahaan. Sedangkan Green Advertising berpengaruh negatif terhadap Keberlanjutan Perusahaan. Adapun terdapat perbedaan penelitian, peneliti sebelumnya menggunakan variabel Green Accounting, sedangkan penelitian ini menggunakan variabel Green Manufacturing terhadap Keberlanjutan Perusahaan dan terdapat perbedaan lain yaitu pada pengukuran dan sampel, Penelitian ini menggunakan skor PROPER untuk Greenwashing, sedangkan peneliti sebelumnya menggunakan skor PROPER untuk Kinerja Lingkungan. Implikasi dari penelitian ini, bagi manajer perlu mengadopsi strategi keberlanjutan yang holistik, memastikan integrasi yang baik antara berbagai aspek hijau untuk mencapai keberlanjutan yang lebih baik dan meningkatkan kepercayaan konsumen.
Kata Kunci: Green Manufacturing, Green Advertising, Greenwashing dan Keberlanjutan Perusahaan.
Ketersediaan
2020031053 | SKR-AKT 17 2024 | Perpustakaan STIE Y.A.I | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SKR-AKT 17 2024
|
Penerbit | STIE Y.A.I : Jakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
113 hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2020031053
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain