No image available for this title

Skripsi

Pengaruh efisiensi modal kerja, likuiditas, dan solvabilitas terhadap profitabilitas pada perusahaan industri dan jasa sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021



Pembimbing : Seftiatul Laela


ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh efisiensi modal kerja, likuiditas, dan solvabilitas terhadap profitabilitas pada perusahaan industri dan jasa sektor property
dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 – 2021. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode kuantitatif. Sampel penelitian diambil menggunakan metode purposive sampling, dan mendapatkan 15 perusahaan yang menjadi sampel penelitian.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang meliputi uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan menggunakan aplikasi eviews 12.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan penemuan terbaru untuk variabel efisiensi modal kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, bahwa tinggi atau rendahnya modal kerja perusahaan tidak mempengaruhi tingkat profitabilitas. Variabel likuiditas dan solvabilitas berpengaruh terhadap profitabilitas, bahwa semakin tinggi tingkat likuiditas menurunkan profitabilitas perusahan dan tingginya tingkat solvabilitas maka diikuti dengan kenaikan profitabilitas. Secara simultan, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel efisiensi modal kerja, likuiditas, dan solvabilitas berpengaruh terhadap profitabilitas, dengan nilai Adjusted R Squared sebesar 0.637, bahwa variabel independen dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 63.7%, dan sisanya yaitu sebesar 36.3% dijelaskan oleh variabel – variabel lainnya di luar penelitian.

Kata Kunci: Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas


Ketersediaan

2019031045SKR-AKT 67 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 67 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
101 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031045
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya