No image available for this title

Skripsi

Pengaruh laba kotor, laba operasi dan laba bersih dalam memprediksi arus kas di masa mendatang pada perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021



Pembimbing : Yohn Piter Barus

ABSTRAK :

Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah variabel laba kotor, laba operasi dan laba besih memiliki pengaruh dalam prediksi arus kas di masa mendatang pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder atau data dokumentasi
pada situs resmi Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Dari 72 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di tahun 2017-2021, terdapat 19 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sampel penelitian.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah laba kotor, laba operasi dan laba bersih. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah arus kas. Uji yang digunakan dalam adalah uji regresi linear berganda dengan menggunakan Fixed Effect Model dan menganalisis di program aplikasi Eviews 12.

Hasil penelitian ini yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial laba kotor berpengaruh negatif dan signifikan dalam memprediksi arus kas di masa mendatang. Laba operasi tidak berpengaruh dalam memprediksi arus kas di masa mendatang. Sedangkan laba bersih berpengaruh positif dan signifikan dalam memprediksi arus kas di masa mendatang. Secara simultan atau bersama-sama laba kotor, laba operasi dan laba bersih berpengaruh signifikan dalam memprediksi arus kas di masa mendatang. Dengan nilai Adjusted R-Square sebesar 0,867091 yang mana variabel laba kotor (X1), laba operasi (X2) dan laba bersih (X3) memberikan kontribusi 86,7% terhadap variabel arus kas (Y). Sedangkan 13,3% dikontibusikan oleh variabel luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Laba Kotor, Laba Operasi, Laba Bersih, Arus Kas


Ketersediaan

2018031096SKR-AKT 52 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 52 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
79 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031096
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya