No image available for this title

Skripsi

Analisa pengaruh pandemi Covid-19 terhadap kinerja perbankan di Indonesia (studi kasus pada bank konvensional yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2018-201)



Pembimbing : Irzan Syahrial

ABSTRAK :

Covid-19 merupakan suatu virus yang berasal dari Wuhan,China. Covid-19 menganggu di berbagai aspek, salah satunya yaitu aspek ekonomi. Di Indonesia laju pertumbuhan ekonomi turun sebesar 3,8% pada kuartal I tahun 2020. Perlambatan tersebut salah satunya di akibatkan oleh sektor perbankan karena sektor perbankan merupakan tulang punggung sektor ekonomi. Dengan adanya Covid-19 memunculkan risiko yang mungkin di hadapi oleh sektor perbankan seperti risiko likuiditas, kualitas asset serta penurunan profitabilitas. Risiko-risiko tersebut mengacu pada kinerja keuangan bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap kinerja perbankan di Indonesia dengan membandingkan saat sebelum dan selama Covid-19.

Dalam penelitian ini rasio yang digunakan untuk pengukuran kinerja perbankan adalah likuiditas yang diproksikan oleh FDR/LDR, rasio rentabilitas yang diproksikan oleh ROA, dan BOPO, rasio solvabilitas yang diprosikan oleh CAR serta rasio kualitas asset yang diprosikan oleh NPF/NPL. Untuk penguajiannya menggunakan uji beda yaitu uji paired sample t-test dan uji sign wixolcon.

Hasil analisis ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio likuiditas yang dirpksikan oleh FDR/LDR, rasio rentabilitas yang diproksikan oleh ROA dan BOPO serta rasio kualitas asset yang diproksikan oleh NPF/NPL. Sedangkan rasio CAR menunjukkan hasil tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan selama Covid-19. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak Covid-19 terhadap kinerja perbankan di Indonesia.

Kata Kunci : Sebelum Covid-19, Selama Covid-19, Kinerja Perbankan, FDR/LDR, ROA, BOPO, CAR, dan NPF/NPL.


Ketersediaan

2016031111SKR-AKT 92 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 92 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
92 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031111
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya