No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, financial leverage dan likuiditas terhadap perataan pada perusahaan pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Henni Handari

ABSTRAK :

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini didasarkan pada data sekunder. Data sekunder didapatkan melalui buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, jurnal penelitian sebelumnya, dan laporan keuangan perusahaan sampel dari situs web BEI. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022.

Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan hasilnya terdapat 10 perusahaan sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan analisis regresi data panel. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Novelty pada penelitian ini adalah pengujian yang dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan batubara, dengan keterbaruan pada periode 2018-2022, pembaruan lainnya menggunakan eviews 12 sebagai alat analisis.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, financial leverage dan likuiditas terhadap perataan laba. Adapun yang melatarbelakangi peneliti memilih sektor pertambangan dikarenakan pertambangan batubara di Indonesia sedang berkembang pesat, dan belum adanya hasil yang konsisten dari peneliti sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perataan laba dan financial leverage serta likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Implikasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan bisa berupaya melakukan peningkatan terhadap profitabilitas, menjaga kestabilan perusahaan serta likuditasnya demi kelancaran operasional pendanaan perusahaan.

Kata Kunci : Financial Leverage, Likuiditas, Perataan Laba, Profitabilitas


Ketersediaan

2019031035SKR-AKT 50 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 50 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
116 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031035
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya