No image available for this title

Skripsi

Pengaruh opini audit, solvabilitas dan ukuran perusahaan terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Monika Budiman

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan menganalis pengaruh opini audit terhadap audit report lag, menganalis pengaruh solvabilitas terhadap audit report lag, dan menganalis pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit report lag. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2019-2022 dan didapatkan sampel sebanyak 20 perusahaan dari 48 populasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan. Variabel independent dalam penelitian ini terdiri dari opini audit, solvabilitas, dan ukuran perusahaan, sedangkan variabel independen yaitu audit report lag. data diolah menggunakan metode kuantitatif, software program excel dan eviews 12.0.

Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi data panel, uji kelayakan model regresi logistik, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit, solvabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap audit report lag. Sedangkan secara parsial opini audit berpengaruh negatif terhadap audit report lag, serta solvabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit report lag. berdasarkan uji koefisien determinasi, variabel opini audit, solvabilitas, dan ukuran perusahaan mempengaruhi audit report lag sebesar 10,1% dan sebesar 89,9% sisanya audit report lag dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel penelitian dalam penelitian ini.

Novelty dari penelitian ini adalah peneliti melakukan pembaharuan pada periode penelitian menjadi 2019 hingga 2022; variabel penelitian yang terdiri dari opini audit, solvabilitas, ukuran Perusahaan; target penelitian; dan perlakuan terhadap populasi penelitian dalam seleksi sampel penelitian. Implikasi pada penelitian ini adalah perusahaan diharapkan untuk segera meningkatkan kinerja perusahaan agar opini auditnya lebih baik lagi sehingga diharapkan dapat membantu para investor untuk membuat kebijakan atas perusahaan tersebut agar perusahaan dapat bertumbuh lebih baik kedepannya.

Kata kunci: Audit Report Lag, Opini Audit, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan


Ketersediaan

2019031084SKR-AKT 46 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 46 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
77 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031084
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya