No image available for this title

Skripsi

Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap kualitas laba pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022



Pembimbing : Irzan Syahrial

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022.

Populasi berjumlah 26 perusahaan, pemilihan sampel ini ditentukan dengan purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria adalah 15 perusahaan, dan observasi sebanyak 75. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa data sekunder menggunakan analisis regresi data panel dengan mengunakan software Eviews 10. Novelty penelitian terdapat pada penggunaan data kuartal.

Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan struktur modal, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap kualitas laba. Secara simultan struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas laba. Implikasi teoritis, untuk peneliti selanjutnya bisa dilanjutkan dengan periode waktu yang lebih panjang, memperluas sampel, mempertimbangkan penambahan variabel.

Implikasi praktis, memberi petunjuk pada perusahaan manufaktur faktor faktor apa yang dapat meningkatkan kualitas laba yang diwakili oleh variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini, para investor dapat mempertimbangkan keputusan investasinya, memberikan informasi tambahan dan sebagai bahan referensi yang dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Kualitas Laba, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas.


Ketersediaan

2019031016SKR-AKT 43 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 43 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
84 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031016
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya