No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022



Pembimbing : Irzan Syahrial

ABSTRAK :

Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan hutang, dan profitabiitas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitaif yang bersifat asosiatif. Penelitian ini melakuakn pada 161 perushaaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan pengambilan sampel pada penelitian yang menggunakan purposive sampling yaitu dengan penetuan sampel yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria. Selama tahun 2019-2022 lalu mendapatkan perusahaan sebanyak 14 perusahaan dengan pengamatan selama 4 tahun, dengan ini peneliti mendapatkan total observasi sebanyak 48. Analisi regresi data panel peneliti menggunakan aplikasi program eviews 12.

hasil penelitian ini mengatakan jika secara persial pada pengaruh kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak,namun kebijakan hutang, dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Secara simultan hasil dari variabel penelitian ini menunjukan jika kepemilikan manajerial, kebijakan hutang, dan porfitabilitas berpengaruh signfikan terhadap agresivitas pajak padaperusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Novelty pada penelitian ini adalah pembaharuan pada periode 2019-2022.

Berdasarkan hasil analisis secara parsial, disimpulkan bahwa independen kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap agresivitas pajak sedangan kebijakan hutang dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Bersama-sama berpengaruh terhadap agresivitas pajak. implikasi dari penelitian ini secara teoritis diperlukan lebih lanjut untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih, secara praktis bagi pihak investor atau perusahaan dapat menganalisis tingkat laporan keuangan yang dibuat perusahaan.

Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Agresivitas Pajak.


Ketersediaan

2019031049SKR-AKT 29 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 29 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
60 hal
Bahasa
Inggris
ISBN/ISSN
2019031049
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya