No image available for this title

Skripsi

Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021)



Pembimbing : Pandu Haryanto

ABSTRAK :

Nilai Perusahaan pada dasarnya diukur dari beberapa aspek, salah satunya adalah harga pasar saham perusahaan, karena harga pasar saham perusahaan mencerminkan penilaian investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan. Harga saham yang tinggi maka nilai perusahaan juga akan tinggi dan dengan otomatis return perusahaan pun akan ikut tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021.

Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 22 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan menggunakan bantuan Eviews 12, teknik analisis data dimulai dari uji statistik deskriptif, lalu dilanjutkan dengan analisis regresi data panel, kemudian uji asumsi klasik dan terakhir uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi dan keputusan pendanaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.


Kata Kunci : Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Perusahaan.


Ketersediaan

2019031037SKR-AKT 21 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 21 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
79 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031037
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya