No image available for this title

Skripsi

Pengaruh struktur kepemilikan leverage, dan return on asset (ROA) terhadap kebijakan Dividen pada perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022



Pembimbing : Irzan Syahrial

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh struktur kepemilikan, leverage, dan return on asset terhadap kebijakan dividen pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Populasi terdiri dari 54 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terpilih berjumlah 14 perusahaan dengan 5 tahun penelitian. Pengolahan data
menggunakan software Eviews 9. Kebaruan dari penelitian ini adalah terdapat data terbaru yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan industri barang konsumsi tahun 2022. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa struktur kepemilikan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, return on asset tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.

Secara simultan membuktikan bahwa struktur kepemilikan, leverage, dan return on asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Nilai adjusted R-squared menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 14,22%. Impliksi teoritis adalah memperluas pemahaman tentang faktor-faktor terkait keputusan pembayaran dividen, sedangkan implikasi praktis adalah perusahaan harus mempertimbangkan pengaruh ketiga faktor ini dalam menentukan kebijakan dividen.

Kata Kunci: Dividen, Kepemilikan, Leverage, dan ROA


Ketersediaan

2019031022SKR-AKT 20 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 20 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
87 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031022
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya