No image available for this title

Skripsi

pengaruh profitabilitas financial leverage, dan cash holding terhadap income smoothing pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022



Pembimbing : Elon Manurung

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris dari pengaruh profitabilitas, financial leverage, dan cash holding terhadap income smoothing pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2022. Populasi dalam penelitian berjumlah 47 perusahaan yang diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mendapatkan 16 sampel dengan total data observasi sejumlah 80 yang dipertimbangkan sebagai objek penelitian yang dianalisis menggunakan Eviews 12. Novelty pada penelitian ini adalah pembaharuan pada periode penelitian menjadi 2018 – 2022 dan perbedaan dalam penelitian ini terletak pada analisis yang menggunakan analisis regresi logistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap income smoothing, financial leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap income smoothing dan cash holding tidak berpengaruh bertanda positif terhadap income smoothing. Secara bersama-sama, profitabilitas, financial leverage, dan cash holding berpengaruh signifikan terhadap income smoothing, dengan tingkat pengaruh mencapai 9,92% terhadap income smoothing, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat implikasinya bahwa setiap upaya manajemen untuk meningkatkan profitabilitas dan financial leverage serta menurunkan cash holding, akan berdampak signifikan terhadap tindakan income smoothing. Namun karena dampak dari ketiga variable tersebut sangat terbatas, maka disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Profitabilitas, Financial Leverage, Cash Holding, Income Smoothing


Ketersediaan

2019031043SKR-AKT 16 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 16 2023
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
121 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031043
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya