No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, umur perusahaan dan opini auditor terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 (subsektor industri makanan dan minuman).



Pembimbing : Wiwik Pratiwi

ABSTRAK :


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian korelasi antara profitabilitas, umur perusahaan, dan opini auditor terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 dengan subsektor industri makanan dan minuman. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Terdapat sebanyak 48 perusahaan sebagai populasi penelitian dan dengan menggunakan teknik purposive sampling, hanya terdapat 17 perusahaan menjadi sampel penelitian.

Variabel independen pada penelitian ini terdiri dari profitabilitas, umur perusahaan dan opini auditor, sedangkan variabel dependen yaitu opini auditor. Data diolah menggunakan metode kuantitatif, perangkat lunak program excel dan eviews 12.0, diuji serta dianalisis dengan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel profitabilitas, umur perusahaan, dan opini auditor berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap audit delay.

Berdasarkan uji koefisien determinasi, variabel profitabilitas, umur perusahaan dan opini auditor mempengaruhi audit delay sebesar 36,14% dan sebesar 63,86% sisanya audit delay dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel penelitian dalam penelitian ini. Novelti dari penelitian ini adalah peneliti melakukan pembaharuan pada periode penelitian menjadi 2019 hingga 2021; variabel penelitian yang terdiri dari profitabilitas, umur perusahaan, opini auditor; target penelitian; dan perlakuan terhadap populasi penelitian dalam seleksi sampel penelitian.

Kata Kunci : Audit Delay, Opini Auditor, Profitabilitas, Umur Perusahaan.


Ketersediaan

2019031078SKR-AKT 07 2023Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 07 2023
Penerbit STIE Y.A.I : .,
Deskripsi Fisik
85 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2019031078
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya