No image available for this title

Tesis

Pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap manajemen laba dengan rasio profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan perbankan konvensional di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020



Pembimbing : Gusmiarni & Hamilah

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen, jumlah anggota komite audit, kepemilikan institusional terhadap manajemen laba (earnings management) dan profitabilitas sebagai variable intervening pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2019. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang dilakukan denganan alisis statistik dan menggunakan software Eviews 12.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasio profitabilitas sebagai variable intervening tidak berpengaruh secara signifikan antara hubungannya dengan Good Corporate Governance yang diwakili oleh ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional, jumlah komite audit terhadap manajemen laba.

Penelitian ini juga mengahasilkan bahwa variable manajemen laba dapat diterangkan menggunakan variable ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, jumlah komite audit, kepemilikan institusional dan rasio probabilitas sebesar 26,28% sedangkan pengaruh 73,72% dapat disebabkan oleh variabel-variabel lainnya di luar model penelitian ini.

KataKunci: RasioProfitabilitas, Good Corporate Governance, Dewan Direksi, Proporsi Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Jumlah Komite Audit, Manajemen Laba.


Ketersediaan

1960031005TES 300 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 300 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
198 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1960031005
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya