No image available for this title

Skripsi

Pengaruh biaya operasional pendapatan operasional, Net Interest margin, dan non performing loan pada reutrn on assets perusahaan perbankan buku IV yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021



Pembimbing : Zainal Arifin

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah BOPO, NIM, dan NPL berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan perbankan BUKU IV yang terdaftar di BEI periode 2017-2021.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan BUKU IV yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 10 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Alat pengujian menggunakan analisis regresi data panel dengan data time series dan cross section. Analisis data menggunkana Eviews 10.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, secara parsial BOPO dan NPL berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA sedangkan NIM berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Secara simultan variabel BOPO, NIM, dan NPL berpengaruh terhadap ROA. Variabel yang paling dominan mempengaruhi ROA adalah Net Interest Margin (NIM) karena nilai koefisien regresinya paling tinggi yaitu 0.063361.

Kata Kunci : Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL), Return On Assets (ROA).


Ketersediaan

2018021020SKR - MNJ 55 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 55 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018021020
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya