No image available for this title

Skripsi

Pengaruh semangat kerja dan kepuasan kerja terhadap budaya kerja pada PT. Verdanco Engineering di DKI Jakarta



Pembimbing : Irwan R.O

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh dari Semangat Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Budaya Kerja Pada PT Verdanco Engineering di DKI Jakarta.
Penelitian ini didukung oleh beberapa teori yang ada hubungannya dengan semangat kerja, kepuasan kerja dan budaya kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data primer. Populasi pada penelitian ini dengan teknik simple random sampling adalah seluruh karyawan PT Verdanco Engineering yang terdiri dari 80 orang dengan sampel sebanyak 67 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner. Setelah data dikumpulkan, pengolahan data penelitian dilakukan dengan melakukan pengujian metode structural equation modeling (SEM) bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel yang diteliti dengan menggunakan software SmartPLS 3.3.9.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel semangat kerja mempunyai nilai p-value 0.000 < 0.05 dan nilai t-statistik 9.553 > 1.96. Hasil penelitian ini diperkuat dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Shania Victoria Kaesang, Riane Johnly Pio dan Ventje Tatimu (2021) yang berjudul “Pengaruh Semangat Kerja dan Kompetensi Terhadap Budaya Kerja Pada PT Mayora Indah Tbk Cabang Tomohon” dengan hasil penelitian memiliki nilai t-statistik 5.646 > 1.96 dan nilai p-value 0.000 < 0.05 maka semangat kerja berkorelasi positif terhadap budaya kerja, sehingga hipotesis menyatakan bahwan adanya pengaruh semangat kerja terhadap budaya kerja dapat diterima. Sedangkan variabel kepuasan kerja mempunyai nilai p-value 0.023 < 0.05 dan nilai t-statistik 2.273 > 1.96.

Hasil penelitian ini diperkuat dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Muhammad Insani Surya dan Oey Hannes Wijaya (2020) yang berjudul “Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Budaya Kerja di PT Planet Selancar Mandiri di Jakarta” dengan hasil penelitian memiliki nilai t-statistik sebesar 2.450 > 1.96 dan p-values sebesar 0.015 > 0.05. Dalam penelitian tersebut Muhammad Insani Surya dan Oey Hannes Wijaya mengungkapkan bahwa kepuasan kerja sangat dibutuhkan dalam membantu meningkatkan pengaruh Budaya Kerja. Maka disimpulkan bahwa secara parsial kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap budaya kerja.

Kata Kunci : Semangat Kerja (X1), Kepuasan Kerja (X2), dan Budaya Kerja (Y)


Ketersediaan

2018021055SKR - MNJ 45Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 45
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
116 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018021055
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya