No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pandemi covid-19 pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021 diliat dari aspek profitabilitas



Pembimbing : Reschiwati

ABSTRAK :

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Triwulan 1 tahun 2018 – Triwulan 3 tahun 2019 sebagai pencerminan kondisi sebelum pandemi, dan Triwulan 1 tahun 2020 – Triwulan 3 tahun 2021 sebagai pencerminan selama pandemi dilihat dari aspek profitabilitas yang diproksikan oleh Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diambil yaitu data sekunder berupa laporan keuangan kuartalan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia.

Sampel penelitian adalah perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diambil dengan metode purposive sampling dan didapat 13 perusahaan yang memenuhi kriteria. Uji yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Signed Rank-test dengan bantuan software statistika SPSS versi 22. Hasil Penelitian menunjukan Terdapat Pengaruh pada Gross Profit Margin (GPM) sebelum dan selama pandemic, sedangkan untuk Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE) menunjukan Tidak Terdapat Pengaruh baik sebelum dan selama pandemi COVID-19.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bagi perusahaan, terutama yang bergerak di sektor pertanian tentang bagaimana pengaruh dari sebuah wabah pandemi dalam kaitannya dengan aktiitas bisnis khususnya yang berhubungan dengan profitabilitas sehingga diharapkan perusahaan dapat melakukan langkah-langkah pencegahan dan mitigasi bila terjadi suatu wabah luar biasa dan global seperti pandemi Covid-19 serta mempertahankan profitabilitas perusahaan dalam segala situasi.

Kata Kunci : COVID-19,Profitabilitas, Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE).


Ketersediaan

2018031034SKR - AKT 78 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 78 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
89 HAL
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031034
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya