No image available for this title

Skripsi

Pengaruh financial distress , investment opportunity set, ukuran perusahaan dan kepemilikan publik terhadap konservatisme akuntansi



Pembimbing : Reschiwati

ABSTRAK :

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh financial distress,investment opportunity set, ukuran perusahan, kepemilikan publik terhadap prinsip konservatisme akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diambil yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia.

Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi pada tahun 2017-2021 dengan jumlah 75 perusahaan. Sampel dikumpulkan melalui metode purposive sampling yang menghasilkan 31 perusahaan. Analisis dilakukan dengan regresi data panel dengan bantuan software statistika Eviews versi 10. Secara individu hasil uji hipotesis diketahui bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap prinsip konservatisme akuntansi, sedangkan variabel financial distress, investment opportunity set dan kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadap prinsip konservatisme akuntansi.

Hasil secara simultan variabel X sangat kecil berpengaruh terhadap Y dikarenakan hasil data yang diolah masing-masing variabel tidak cukup banyak masuk kedalam kategori rendah,bangkrut dan tidak berkembang untuk dijadikan data sebagai pendukung kedalam kategori kuat pada uji R-Square. penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi perusahaan, tentang menyusun laporan keuangan dengan prinsip konservatisme akuntansi.

Kata kunci: Financial distress (FD), Investment opportunity set (IOS), Ukuran perusahaan (UP), Kepemilikan publik (KP) dan Konservatisme akuntansi (KA)


Ketersediaan

2018031005SKR - AKT 68 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 68 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
88 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031005
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya