No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pemilik UMKM di Jakarta Selatan



Pembimbing : Ida Musdafia

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan, (2) pengaruh sikap keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan, (3) pengaruh kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini digunakan data primer.

Sampel penelitian ini adalah para pemilik UMKM dengan menggunakan metode sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah pengetahuan keuangan, sikap keuangan, kepribadian dan perilaku manajemen keuangan. Uji yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen data, uji struktual model dan uji hipotesis menggunakan program aplikasi SEM-PLS 3. Uji asumsi klasik menggunakan program aplikasi SPSS 25.

Hasil penelitian membuktikan bahwa pengetahuan keuangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan, sikap keuangan keuangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. Hasil R-Square adalah 92% yang berarti perilaku manajemen keuangan dipengaruhi 92% dari pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kepribadian.

Kata Kunci : Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian dan Perilaku Manajamen Keuangan.


Ketersediaan

2018021003SKR - MNJ 11 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 11 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
110 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018021003
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya