No image available for this title

Skripsi

Pengaruh return on asset, return on equity, dan earning pershare terhadap harga saham (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri kimia yang terdaftar di BEI periode 2017-2021)



Pembimbing : Aang Syahdina

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris bagaimana pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Earning per Share (EPS) terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur sektor industri kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder dan menggunakan metode deskriptif dan asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021, berjumlah 9 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian yang digunakan adalah Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), dan Harga Saham. Uji yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi EViews 9.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROA berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham, variabel ROE berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Harga Saham, variabel EPS berpengaruh signifikan dan positif terhadap Harga Saham dan secara simultan variabel ROA, ROE dan EPS berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur sektor industri kimia di Bursa Efek Indonesia. Dalam pengambilan keputusan pembelian saham para investor dapat mempertimbangkan ROA periode lampau, lalu melakukan pertimbangan terbalik jika mengamati ROE, serta menjadikan EPS sebagai acuan.

Kata Kunci: Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Earning per Share (EPS) terhadap Harga Saham


Ketersediaan

2016021025SKR - MNJ 09 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 09 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
131 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016021025
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya