No image available for this title

Skripsi

Pengaruh likuiditas, solvabilitas dan aktivitas terhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020



Pembimbing : Wan Maraden Sinaga

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data Sekunder. Metode pengambilan Sampel ini menggunakan Purposive Sampling yaitu metode penentuan sampel yang dipilih secara acak berdasarkan kriteria yang ada. Selama tahun 2016-2020, diperoleh 8 perusahaan yang menjadi sampel dan memenuhi kriteria dalam penelitian ini.

Uji Asumsi Klasik dalam penelitian ini meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear berganda, Uji t, Uji f, dan Uji Koefisien Determinasi. Analisis data menggunakan Eviews 9. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara Parsial Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas, Solvabilitas berpengaruh negative dan signifikan terhadap Profitabilitas, dan Aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas.

Secara Simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas secara Bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Dan dari penelitian ini, terdapat nilai Adjusted R-squared sebesar 0,469131, artinya Likuiditas (X1), Solvabilitas (X2), dan Aktivitas (X3) masing-masing dapat menjelaskan atau berkontribusi terhadap Profitabilitas sebesar 46,91%; sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas , Profitabilitas


Ketersediaan

2018031069SKR - AKT 61 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 61 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
97 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031069
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya