No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kebijakan dividen, keputusan investasi dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar du BEI periode 2018-2020)



Pembimbing : Gusmiarni

ABSTRAK :

Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap taraf keberhasilan adalah perusahaan yang tercermin pada harga saham suatu perusahaan. Semakin baik kinerja suatu perusahaan, maka semakin tinggi kepercayaan investor untuk menginvestasi modalnya pada perusahaan itu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kebijakan dividen, keputusan investasi dan profitabilitas berpengaruh pada nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020.

Penelitian ini menggunakan data sekunder. Popolasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 168 perusahaan manufaktur dan yang menjadi sampel berjumlah 20 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Uji asumsi klasik dalam penelitian meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedasitas.Analisis data menggunakan analisis linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Analisis data menggunakan Eviews.

Hasil dalam penelitian ini bahwa secara parsial (uji t) variabel kebijakan dividen berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel keputusan investasi tidak berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan variabel profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Secara simultan (uji f) bahwa variabel kebijakan dividen, keputusan investasi, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.Dan nilai Adjusted R-squared dalam penelitian ini hanya sebesar 12.46 %.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Profitabilitas, Nilai Perusahaan



Ketersediaan

2018031056SKR - AKT 52 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 52 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
88 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031056
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya