No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pengetahuan dan pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan studi kasus di Kantor UPPPD Cakung tahun 2022



Pembimbing : Elon Manurung

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Populasi dalam penelitian ini adalah Kantor Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah (UPPPD) Cakung.

Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak bumi dan bangunan yang terdaftar di Kantor Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah (UPPPD) Cakung.Teknik sampel menggunakan metode probablity sampling yang dihitung dengan metode slovin memperoleh 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak bumi dan bangunan yang terdaftar di Kantor Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah (UPPPD) cakung. Dalam penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner yang langsung dianalisis menggunakan SEM-PLS versi 3.3.9. Data dianalisis untuk menguji hipotesis menggunakan Calculate Bootstraping.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pengetahuan dan pemahaman perpajakan memiliki pengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Kedua, kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh positif, dan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Ketiga, sanksi pajak memiliki pengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Keempat, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan memiliki tingkat pengaruh moderat, variabel Kesadaran Wajib Pajak memiliki tingkat pengaruh yang lemah, dan Sanksi Pajak memiliki tingkat pengaruh yang kuat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan.

Kata Kunci: Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.


Ketersediaan

2017031123SKR - AKT 50 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 50 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
129 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017031123
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya