No image available for this title

Skripsi

Pengaruh ukuran perusahaan , kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajareial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021



Pembimbing : Henni Handari

ABSTRAK :

Kebijakan Dividen adalah hal yang sangat penting untuk perusahaan, dikarenakan dapat menjadi acuan para investor untuk menentukan dasar pengambilan keputusan untuk berinvestasi. Kebijakan yang menghasilkan keseimbangan antara dividen saat ini dan pertumbuh an di masa depan yang memaksimalkan harga saham merupakan kebijakan dividen yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan total 23 perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode pemilihan sampel purposive sampling. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan Analisis regresi linear berganda, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi menggunakan aplikasi Eviews 10.

Hasil dari penelitian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen, variabel Kepemilikan Institusional berpengaruh dan s ignifikan terhadap Kebijakan Dividen, dan variabel Profitabilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Hasil Uji penelitian secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa secara signifikan variabel Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Dan Nilai Adjusted R Squared dalam penelitian ini sebesar 60,51%.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Kebijakan Dividen


Ketersediaan

2018031061SKR - AKT 44 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 44 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
96 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031061
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya