No image available for this title

Skripsi

Pengaruh efisiensi modal kerja, likuiditas dan solvabilitas terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021



Pembimbing : Henni Handari

ABSTRAK :

tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan aset atau aset dan kewajiban sangat penting untuk meningkatkan profitabilitas suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja, likuiditas (Current Ratio), dan solvabilitas (Debt to Equity Ratio) terhadap Profitabilitas (Return On Assets) pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). ) periode 2019-2021.

Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. analisis data menggunakan eviews 10.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial perputaran modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan debt to equity ratio berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan industri dasar dan manufaktur kimia yang terdaftar di Indonesia. Bursa Efek (BEI), hasil secara simultan (uji f) menunjukkan pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja, current ratio dan debt to equity ratio terhadap profitabilitas dan koefisien determinasi ditunjukan oleh Adjusted R-Squared sebesar 0.665697 hal ini menunjukan bahwa variable-variabel independent yang ada dalam penelitian ini dapat menjelaskan variable dependen sebesar 66,56% pada perusahaan industri dasar dan manufaktur kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kata Kunci : Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas


Ketersediaan

2018031066SKR - AKT 42 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 42 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
83 HAL
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031066
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya