No image available for this title

Skripsi

Pengaruh leverage,good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman pada masa pandemi covid-19 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021



Pembimbing : Wiwik Pratiwi
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, good corporate governance, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur sub sektor makanan minuman masa pandemi covid-19 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021.

Pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang telah diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan variabel independen mekanisme leverage, good corporate governance yang diproksikan dengan proporsi kepemilikan institusional, dan variabel ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen yaitu adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 18 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai penelitian sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dekriptif, analisis regresi data panel, uji kelayakan model, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini diolah dengan menggunakan Eviews12.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa leverage secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan kepemilikan institutional secara parsial tidak mempunyai pengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, dan ukuran perusahaan secara parsial tidak mempunyai pengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan leverage, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Leverage, Good Corporate Governance, dan Ukuran Perusahaan


Ketersediaan

2017031049SKR - AKT 39 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 39 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
108 HAL
Bahasa
Inggris
ISBN/ISSN
2017031049
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya