No image available for this title

Skripsi

Pengaruh dewan Direksi, Komisaris Independen komite audit dan kepemilikan institusional terhadap return on asset perusahaan perbankan (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021



Pembimbing : Pandu Haryanto

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah dewan direksi, komisaris independent, komite audit, dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap Return on Asset pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.

Dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dari perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 10 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi program Eviews 10.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dewan direksi, komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional berpengaruh signifikan positif terhadap Return on Asset perusahaan perbankan. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel dewan direksi, komisaris independent, komite audit, kepemilikan institusional berpengaruh terhadap Return on Asset perusahaan perbankan. Berdasarkan hasil yang ditunjukkan oleh nilai Adjusted R Square adalah 0.868701. Hal ini berarti bahwa 86,87% nilai Return on Asset dipengaruhi oleh nilai Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, dan Kepemilikan Institusional. Adapun sisanya sebesar 13,13% dipengaruhi oleh faktor lain atau variabel bebas lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Kata Kunci: Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Return on Asset.


Ketersediaan

2018031036SKR - AKT 36 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 36 2022
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
103 HAL
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031036
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya