No image available for this title

Skripsi

Penerapan standar akuntansi pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian dalam Negeri



Pembimbing : Wiwik Pratiwi

ABSTRAK :

Penelitian ini untuk menguji secara empiris apakah penerapan standar akuntansi keuangan pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam penelitian ini digunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai bagian keuangan, Bendahara Pengeluaran Pembantu dan Staf Pengelola Keuangan di bina administrasi kewilayahan kementerian dalam negeri sebanyak 30 orang pegawai dengan metode angket atau kuesioner. Variabel yang digunakan meliputi variabel laten eksogen sebagai variabel independen yang terdiri dari penerapan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP) (X1) dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) (X2). Sedangkan variabel laten endogen sebagai variabel dependen (Y1) adalah Kualitas Laporan Keuangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian in adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) atau Model Persamaan Struktural dengan program software SmartPLS 3.0.

Hasil pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif penerapan SAP (X1) terhadap kualitas laporan keuangan Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Koefisien penduga sebesar 0.837, artinya rata-rata kualitas laporan keuangan Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri akan naik sebesar 0.837 jika penerapan SAP naik satu satuan dan variabel lain tetap. Selain itu juga terdapat pengaruh positif kompetensi SDM (X2) terhadap kualitas laporan keuangan (Y) Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Koefisien penduga sebesar 0.101, artinya rata-rata kualitas laporan keuangan Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri akan naik sebesar 0.101 jika kompetensi SDM naik satu satuan dan variabel lain tetap. Dan nilai R Square yang didapatkan sebesar 0,831.,menunjukkan bahwa sebesar 83,1% keragaman variabel laten kualitas laporan keuangan yang dapat dijelaskan oleh variabel laten penerapan SAP dan kompetensi SDM.

Kata Kunci : Kualitas Laporan Keuangan, Standar Akuntansi Pemerintahan, Kompetensi Sumber Daya manusia


Ketersediaan

2018031098SKR - AKT 35 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 35 2022
Penerbit STIE YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
91 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031098
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya