No image available for this title

Skripsi

Pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas dan manajemen laba terhadap terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Henni Handari

ABSTRAK :

Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah variabel ukuran perusahaan, likuiditas, dan manajemen laba memiliki pengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian menggunakan periode tahun 2016-2020.

Penelitian ini menggunakan data sekunder atau data dokumentasi pada situs resmi Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini adalah purposive sampling. Dari 192 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di tahun 2016-2020, terdapat 20 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sampel penelitian. Variabel independen dalam penelitian adalah ukuran perusahaan, likuiditas, dan manajemen laba. Sedangkan untuk variabel dependennya adalah profitabilitas. Uji yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dengan menggunakan Fixed Effect Model dan menganalisis di program aplikasi EViews 12.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, likuiditas laba dan manajemen tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, likuiditas dan manajemen laba berpengaruh secara secara bersama-sama atau simultan terhadap profitabilitas dengan nilai dari Adjusted R-Square sebesar 0.647971 yang mana variabel ukuran perusahaan, likuiditas dan manajemen laba memberikan kontribusi sebesar 64.80% terhadap variabel profitabilitas.

Kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Manajemen Laba


Ketersediaan

2018031072SKR -AKT 24 2022Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR -AKT 24 2022
Penerbit STIE.Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
81 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018031072
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya