No image available for this title

Skripsi

Pengaruh leverage dan struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.



Pembimbing : Hendri

ABSTRAK :

Laporan keuangan merupakan informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan. Fokus utama pelaporan keuangan adalah informasi mengenai laba dan komponennya. Laba merupakan salah satu parameter kinerja perusahaan yang mendapat perhatian utama dari investor dan kreditur dari sisi tingkat hutang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan yang terkait dengan kebijakan investasi yang dilakukan investor kepada perusahaan BUMN, yaitu Leverage dan struktur kepemilikan. Investasi yang disertakan investor akan mempertimbangkan
kemampuan Leverage perusahaan. Struktur kepemilikan institusional memiliki arti penting dalam mengawasi kinerja perusahaan.

Pada tahun 2015-2016 terdapat BUMN Terbuka yang melaksanakan secondary public offering, dimana di dalam termasuk eksekusi pemerintah dalam HMETD (Hak Memesan Efek terlebih dahulu). Bagi pemegang investor lama dan baru, perlu kiranya melihat pengaruh Leverage dan struktur kepemilikan historis
sebagai pertimbangan investasi dan penelitian kedepannya. Adapun penelitian fokus pada kinerja keuangan dan struktur kepemilikan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Berdasarkan pertimbangan karakteristik, maka populasi penelitian ini adalah 20 BUMN periode pengamatan tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil yang didapatkan berdasarkan kriteria perusahaan yang menjadi sampel adalah 13 BUMN dikalikan 5 periode penelitian menjadi 65 sampel penelitian. Analisis data menggunakan regresi data panel dengan aplikasi E-Views (Econometric Views).

Hasil penelitian berdasarkan nilai signifikansi dari masing-masing variabel yaitu, Leverage
berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja BUMN, struktur kepemilikan (institusional) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja BUMN dan Leverage serta struktur kepemilikan (institusional) berpengaruhsecara simultan meskipun tidak dalam taraf signifikan.

Kata kunci: BUMN , Leverage, Struktur kepemilikan, dan Kinerja


Ketersediaan

2015131030SKR - AKT 226 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 226 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
74 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015131030
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya