No image available for this title

Skripsi

Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019



Pembimbing : Ida Musdafia

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan serta apakah profitabilitas dapat memediasi struktur modal dan ukuran perusahaan pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019.

Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 6 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitia. Data diperoIeh berdasarkan pubIikasi lndonesia Stock Exchange (lDX) metode yang digunakan adaIah metode kuantitatif. Penelitian ini diuji menggunakan regresi berganda dan analisis jalur degan hasil yaitu: pengaruh langsung struktur modal terhadap nilai perusahaan memiliki nilai koefisien sebesar -0,074495 (sig. 0,1688); pengaruh langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan memiliki koefisien sebesar 0,116396 (sig. 0,1196); pengaruh tidak langsung struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas memiliki koefisien sebesar 0,002252 (sig. 0,5189); dan pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas sebesar 0,002252 (sig. 0,4919).

HasiI peneIitian ini menunjukan bahwa struktur modaI dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap niIai perusahaan. ProfitabiIitas tidak dapat memediasi pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap niIai perusahaan. Meskipun demikian, apabila struktur modal berasal dari hutang bertambah, maka profitabilitas yang dihasilkan akan menurun. Begitu juga dengan ukuran perusahaan, semakin besar ukuran perusahaan maka profitabilitas akan menurun. Namun profitabiIitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang secara tidak Iangsung tidak dapat meningkatkan niIai perusahaan dengan Iebih tinggi.

Kata Kunci : Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, ProfitabiIitas, NiIai Perusahaan


Ketersediaan

2016021067SKR - MNJ 70 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 70 2021
Penerbit STIE YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
73 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016021067
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya