No image available for this title

Skripsi

Pengaruh likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kondisi financial distress pada perusahaan Sub-sektor Hotel, Restoran & Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Pandemi Covid-19



Pembimbing : Ida Musdafia

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kondisi financial distress pada perusahaan sub-sektor hotel, restoran & pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Q1 2020-Q1 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder dari 18 sampel laporan keuangan perusahaan sub-sektor hotel, restoran & pariwisata dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang diolah menggunakan program eviews 9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel likuiditas berpengaruh positif dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kondisi financial distress, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kondisi financial distress. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan pengaruh yang signifikan dari variabel likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kondisi financial distress. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan sebesar 51,20% dan sisanya 48,80% dipengaruhi oleh faktor lain.

Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ekonomi Indonesia sedang mengalami penurunan menyentuh pertumbuhan negatif yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perusahaan akan dibayangi turunnya kinerja perusahaan dan mengalami penurunan dalam kemampuan perusahaan untuk bertumbuh di masa pandemi Covid-19 yang memungkinkan terjadinya financial distress hingga kebangkrutan.

Kata Kunci : Financial Distress, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan


Ketersediaan

2017021022SKR - MNJ 53 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 53 2021
Penerbit STIE YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
151 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017021022
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya