No image available for this title

Skripsi

Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif penggemar K-POP Jakarta Selatan



Pembimbing : Dini Amalia

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh dari Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar K-Pop di Jakarta Selatan.

Penelitian ini didasari oleh beberapa teori yang mendukung penelitian, yang berhubungan dengan Gaya Hidup dan Literasi Keuangan. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diisi oleh responden Penggemar K-Pop di Jakarta Selatan, diperoleh sampel sebanyak 100 responden dari populasi sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan menyebarkan kuesioner online dan menggunakan skala litert. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen data yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji analisis linier berganda. pengujian hipotesis yang meliputi uji-t (parsial), uji-F (simultan), dan koefisien determinasi (R2). uji ini dilakukan menggunakan aplikasi program IBM SPSS V25.

Hasil Penelitian ini secara parsial Gaya Hidup tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif dan Literasi Keuangan berpengaruh secara parsial terhadap Perilaku Konsumtif. Akan tetapi Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan berpengaruh simultan terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar K-Pop di Jakarta Selatan dengan nilai kontribusi R2 sebesar 69,7% dan nilai Fhitung sebesar 111.727 > Ftabel 3,09 adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi Perilaku Konsumtif adalah variabel Literasi Keuangan.

Kata Kunci: Gaya Hidup (X1), Perilaku Konsumtif (X2), Perilaku Konsumtif(Y)


Ketersediaan

2017021053SKR - MNJ 27 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 27 2021
Penerbit STIE YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
93 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017021053
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya