No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitasbilitas, likuiditas, dan leverage terhadap financial distress pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020.



Pembimbing : Henni Handari

ABSTRAK :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah profitabilitas, likuiditas, dan leverage berpengaruh terhadap financial distress pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan.

Variabel yang digunakan untuk profitabilitas dengan Return On Asset (ROA), likuiditas dengan Current Ratio (CR), leverage dengan Debt to Asset Ratio (DAR) dan financial distress dengan Metode Zmijewski (X-Score). Terdapat 13 perusahaan food and beverage yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, meliputi uji normalitas, uji multikoliniearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan pengujian
hipotesis dengan menggunakan Eviews 9.0.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap financial distress, sedangkan variabel likuiditas berpengaruh tidak signifikan terhadap financial distress.
Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap financial distress.

Kata Kunci: Financial Distress, Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverag


Ketersediaan

2017031026SKR - AK 32 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AK 32 2021
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
90 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017031026
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya