No image available for this title

Skripsi

Pengaruh Profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020.



Pembimbing : Gusmiarni

ABSTRAK :

Setelah menginvestasikan dananya, investor mengharapkan hasil atau return dari investasi berupa dividen. Dividen yang stabil lebih menarik di mata para investor dibandingkan dividen yang tinggi, karena dividen yang dibagikan dengan stabil ialah indikator prospek perusahaan yang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah profitabilitas,
leverage dan likuiditas berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2020.

Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 sampel laporan keuangan perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 –2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Analisis data menggunakan Eviews 10.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, variabel leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, dan variabel likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara simultan (uji f) bahwa variabel profitabilitas, leverage dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Nilai Adjusted R-Squared dalam penelitian ini sebesar
35.52%.

Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Kebijakan Dividen


Ketersediaan

2017031070SKR - AKT 66 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 66 2021
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
103 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017031070
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya