No image available for this title

Skripsi

Pengaruh penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah pada DKI Jakarta periode 2013-2020



Pembimbing : Lydia Kurniawan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Hiburan
terhadap Pendapatan Asli Daerah DKI Jakarta periode 2013 sampai 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data dari BPS Jakarta dan Open Data Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan library research (teknik kepustakaan) yang merupakan teknik pengumpulan data dengan melakukan studi penelaahan terhadap literature yang ada, catatan, dan laporan terkait yang memiliki hubungan satu sama lain. Sampel yang digunakan yaitu persentase realisasi dan angka realisasi dari data laporan penerimaan penghasilan asli daerah selama 8 tahun (2013 – 2020) dengan total 32 sampel. Untuk teknik analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software Eviews 9 dengan metode penelitian kuantitatif. Dari uji regresi yang dilakukan terdapat hasil bahwa ada pengaruh secara parsial dari Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah DKI Jakarta periode 2013 – 2020.

Berdasarkan realisasi pajak daerah secara keseluruhan dan pendapatan asli daerah DKI Jakarta setiap
tahunnya mempunyai trend yang terbilang naik. Dan dari sisi pencapaian dari yang dianggarkan tidak semuanya sesuai. Namun setelah dikaitkan dengan fenomena terkini, yaitu pandemi Covid-19 yang memang sudah berada di Indonesia sejak 2020 dapat terlihat dari data tabel Rincian Realisasi Kumulatif APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 di latar belakang penelitian terdapat adanya penurunan yang sangat signifikan dari realisasi pajak daerah secara keseluruhan dan pendapatan asli daerah DKI Jakarta setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berupa angka atau data kualitatif yang diangkakan. Pendekatan metode ini diangkat dari data lalu yang diproses menjadi informasi yang berharga bagi pengambilan keputusan. Penelitian ini juga menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research).

Hasil penelitian menunjukan (1) pajak hotel tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah karena
thitung< ttable (-0.547639 < 2,132) (2) pajak restoran berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah karena thitung > ttable (2.202954 > 2,132). (3) pajak hiburan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah karena thitung < ttable (0.094721 < 2,132). (4) Secara simultan pajak hotel, restoran, dan hiburan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah.

Kata kunci : Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak HIburan, Pendapatan Asli Daerah, DKI Jakarta, 2013 – 2020


Ketersediaan

2017031060SKR - AKT 10 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 10 2021
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
109 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017031060
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya