No image available for this title

Tesis

Faktor penentu tingkat kesehatan bank dan implikasinya terhadap harga saham dengan Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel intervening (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019)



Pembimbing : Adji Suratman dan Tikkos Sitanggang

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor penentu tingkat kesehatan bank dan implikasinya terhadap harga saham dengan Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel intervening. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR). Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah harga saham, dan Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 44 perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 11 perbankan. Data dianalisis menggunakan program Eviews 9.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Loan To Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Namun secara simultan, Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial, Loan To Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, dan Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Namun secara simultan, Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Hasil dari analisis jalur pada penelitian ini adalah Dividend Payout Ratio (DPR) merupakan mediator dari pengaruh Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap harga saham.

Kata Kunci : Harga saham, Dividend Payout Ratio (DPR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR)


Ketersediaan

1760030015TES 280 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 280 2021
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
132 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1760030015
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya