No image available for this title

Skripsi

Pengaruh audit tenure, ukuran perusahaan, disclosure, reputasi auditor terhadap penerimaan opini audit going concern (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2018)



Pembimbing : Amin Wijaya Tunggal

Abstrak:
Asumsi going concern mengharuskan perusahaan secara operasional memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya (going concern). Apabila auditor tidak yakin dengan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya maka auditor harus menyampaikan masalah tersebut dalam laporan audit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh auditor tenure, ukuran perusahaan, disclosure, dan reputasi auditor terhadap opini audit going concern.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek pada periode 2014-2018. Untuk menentukan sampel digunakan metode purposive sampling. Dengan menggunakan metode ini maka didapatkan 20 sampel perusahaan dengan 100 pengamatan. Data yang digunakan adalah data sekunder dan diolah dengan menggunakan software SPSS 24 model yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan analisis regresi logistik.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terbukti bahwa audit tenure, ukuran perusahaan dan disclosure berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Kata Kunci: Opini audit going concern, audit tenure, ukuran perusahaan, disclosure, reputasi auditor.


Ketersediaan

2018131008SKR - AKT 02 2021Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 02 2021
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
90 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018131008
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya