No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019)



Pembimbing : Henni Handari

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengujii secara empiris apakah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tax avoidance pada perusahaan maufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019.

Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah data sekunder, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatori, dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 5 (lima) tahun periode penelitian yaitu 2015-2019 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 9 (Sembilan) perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Variabel Independen (bebas) yang digunakan adalah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan. Sedangkan, variabel dependen (terikat) nya adalah tax avoidance. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi program Eviews 9.0.

Secara parsial, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (X1) dan ukuran perusahaan (X3) berpengaruh terhadap tax avoidance (Y), hal ini berarti bahwa setiap perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dalam menghasilkan nilai ROA dan SIZE yang tinggi maka dapat mengindikasikan terjadinya penghindaran pajak (tax avoidance) yang dilakukan perusahaan. Sedangkan variabel leverage (X2) tidak berpengaruh terhadap tax avoidance (Y), hal ini berarti bahwa setiap perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dalam menghasilkan nilai DER yang tinggi atau semakin besar utang perusahaan maka tidak berpengaruh terhadap meningkatnya praktik tax avoidance.

Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tax avoidance.

Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Tax Avoidance.


Ketersediaan

2018131013SKR - AKT 147 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 147 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
89 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018131013
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya